Latest NEWS

IDEALOGY

Januari 27, 2017 / Admin /

Business Idea: Weerus (SBM-ITB)

Mereka membuat sarana (website) yang bisa menjadi penunjang dan pendukung seseorang untuk membangun bisnis dengan baik dan benar. Serta meningkatkan interest dan motivasi untuk membangun sebuah bisnis. Ada 2 (dua) program yang akan dibuat. Pertama membuat program yang menjadi guidebook seseorang dalam membangun bisnis. Kedua membuat program yang meningkatkan motivasi dan interest seseorang terhadap bisnis dan membangun bisnis. Website tersebut juga dilengkapi dengan teori-teori kewirausahaan, di samping pengetahuan-pengetahuan praktis yang diperlukan dalam membuat dan mengembangkan bisnis. Untuk saat ini, website Weerus masih berupa blog, di mana semua informasi tersimpan dalam bentuk tulisan, tetapi untuk pengembangannya, website ini akan ditambah dengan video, yang harapannya akan mempermudah penyampaiannya untuk pengguna.

  • Business stages: early stage, done prototyping
  • Contact: fadli.rahmat@sbm-itb.ac.id

Business Idea: Gampark (FSRD ITB)

Gampark parking app adalah aplikasi mobile yang menawarkan kemudahan reservasi tempat parkir, khususnya di acara-acara berpengunjung padat, misalnya konser musik, trade fair, dan sebagainya. Reservasi ini ditawarkan dengan sistem bundle purchase (tiket + parkir) yang bekerjasama dengan penyelenggara event, dan sistem single purchase (parkir saja). Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah, para event goers tidak perlu lagi kuatir dengan kemungkinan tidak mendapatkan parkir di tempat-tempat keramaian, ataupun walaupun sudah mendapatkan parker, tetapi terletak di lokasi yang cukup jauh dari venue, sehingga juga memerlukan waktu (seringnya berjalan kaki) menuju acara. Belum lagi harus berurusan dengan pungutan-pungutan liar untuk masalah parkir.

  • Business stages: early stage, done prototyping
  • Contact: rarautami@gmail.com

Business Idea: Batik Tali Air (FSRD ITB)

Produk yang dibuat dengan teknik batik tali air sebagai teknik baru yang belum pernah diaplikasikan oleh industri batik dalam membuat ragam hias utama. Produksi dilakukan secara handmade dengan teknik batik cap tali air. Desain terinspirasi oleh ikon-ikon Kota Bandung. Desain baru setiap 2 (dua) kali dalam setahun: Fall/Winter & Spring/Summer. Menurut penciptanya. Ghaida, Batik Tali Air ini diharapkan bisa menjadi batik ciri khas kota Bandung, mengingat belum ada yang menciptakan batik dengan teknik ini sebelumnya.

Business stages: early stage, done prototyping

For more info: ghaidanasya.tumblr.com,ghaidanasya@gmail.com

Business Idea: DARTS (FTSL ITB)

Adalah sebuah situs online yang fungsinya menghubungkan antara developer dan pemerintah (orang yang membutuhkan desain) dengan karya mahasiswa desain. Berbentuk katalog online. 
 Menawarkan katalog desain dari mahasiswa desain (Arsitektur dan FSRD) ITB; karena dirasa sangat bagus dari ide dan konsepnya. 
 Selanjutnya dapat dipasarkan ke pemerintah dan developer sebagai ide dasar dan desain yang mereka butuhkan. 
 Karya dan ide yg ada bisa dijual dengan harga murah, tidak seperti konsultan desain dan konsultan arsitektur yang mahal. Idenya datang dari melihat banyaknya tugas-tugas mahasiswa arsitektur dan desain yang seharusnya bisa dimanfaatkan (dalam tanda kutip, dikomersialkan), yang tujuannya mungkin hanya menjadi konsep dan ide awal bagi developer dan stakeholder lainnya, tetapi untuk yang berpotensi tentunya juga bisa diaplikasikan hingga menjadi produk jadi nantinya. Tentunya desain-desain yang ditampilkan di dalam Darts bukan merupakan desain lengkap dengan semua spesifikasinya, namun hanya berupa sketsa-sketsa yang cukup menampilkan keindahan karya-karya tersebut.

Business stages: idea stage

For more info: furqonmuhammad@hotmail.com

Business Idea: Wearable Bambu (FSRD ITB)

Untuk fashion yang wearable seperti kalung, tas, dan lain sebagainya. Teknik pemanasan dan pembentukan membuat mereka mampu untuk mengolah bambu dengan baik. Pernah mengikuti Indonesia Fashion Week berkolaborasi dengan Jenahara dan hasilnya sangat memuaskan di mana banyak desainer yang tertarik untuk berkolaborasi. Merupakan anak perusahaan Amygdala, salah satu produsen interior bambu yang sudah mumpuni. Latar belakang penggunaan bambu dalam karya mereka adalah karena, Indonesia merupakan negara penghasil bambu ketiga terbesar di dunia. Selain itu juga, bambu merupakan material yang ramah lingkungan, karena mudah dibudidayakan dan tidak memakan lahan banyak dengan masa tanam dan panen yang singkat.

Business stages: early stage, prepare to grow further, For more info: mutaqinfirman@gmail.com

Business Idea: Ficala Ice Cream (FMIPA ITB)

Produk karya mahasiswa Teknik kinia. Membuat ice cream berbahan dasar kedelai dan pati singkong sehingga bisa dikonsumsi oleh para vegetarian. Sudah berjualan di beberapa kantin di ITB dan mendapat respon yang sangat baik. Ide dasar dalam penciptaan menu baru ini adalah karena ada beberapa dari kita yang tidak/kurang mengkonsumsi daging dan produk-produk turunannya, seperti telur dan susu. Juga ada dari kita yang sistem metabolisme tubuhnya tidak bereaksi dengan baik bila mengkonsumsi laktosa yang terdapat dalam susu sapi (lactose intolerant). Es krim ini selain menggunakan buah-buahan asli dalam produknya, juga memasukkan unsur pati singkong sebagai pengikat (emulsifier) pengganti telur, dan susu kedelai untuk menggantikan susu sapi. Harapannya Ficala Ice Cream ini dapat memenuhi keinginan para vegetarians dan lactose intolerants untuk dapat menikmati pencuci mulut yang segar dan sedap.

Photos

  • What: IDEALOGY
  • When: Friday, 27 January 2017
  • Where: Auditorium SBM